BEM Farmasi Universitas Jember POLYMER 2014 The Gate Open Recruitment 2015

SETUBUH DALAM SENI

     Pada beberapa waktu yang lalu, UKSM Seni Fakultas Farmasi atau arek Farmasi menyebutnya UKSM Essensi mengadakan Open Recruitment anggota baru untuk periode 2015 – 2016. Sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan UKSM Essensi kepada calon anggota UKSM Essensi. Sebuah kegiatan yang dilakukan dalam hal regenerasi anggota UKSM Essensi. Target awal peserta adalah 30 orang, ternyata yang hadir melebihi perkiraan yaitu 43 orang, semoga menjadi awal yang bagus untuk UKSM Essensi kedepannya. Open Recruitment anggota baru ini dilakukan disaat weekend, dimulai pada pukul 7 pagi hingga pukul 3 sore, bertempat di Fakultas Farmasi. 


      Tidak ada kegiatan yang membosankan dalam kegiatan Open Recruitment ini, karena hampir keseluruhan acara adalah game outdoor. Diawali dengan ritual kegiatan yang biasanya dilakukan yaitu sambutan dari Pembina UKM (bila ada), Presiden BEM (bila ada), Ketua Umum,  dan Ketua Panitia. Selanjutnya langsung diisi dengan Game Pembukaan yaitu Game Siul – siul nada, kemudian perkenalan dari tiap-tiap kelompok.

      Perkenalan selesai dilanjutkan dengan acara inti, dimana masing-masing Divisi UKSM Essensi terpisah menjadi pos-pos tersendiri dan memberikan materi. Pos dari Divisi PVS (paduan suara, vokal, dan singer) contohnya, yang mana memberikan materi melalui sebuah game. Tiap kelompok yang datang diberikan sebuah kertas berisi lirik acak, mereka diminta untuk menyusun lirik tersebut kemudian menyanyikannya bersama-sama. Kemudian untuk Divisi yang lain seperti Teater, di Pos Teater masing-masing kelompok diminta untuk memainkan sebuah Drama pendek menggunakan properti yang telah disediakan. 

     Acara inti selesai, dilanjutkan dengan Game Outdoor, kemudian Ishoma dan setelah itu penutupan. Sebelum penutupan sembari mengisi waktu yang tersisa, dilakukan sharing pengalaman bersama para ‘Veteran Essensi’ antara lain seperti Mas Alif, Mas Hendra, Mas Doby, dan para Ketua Umum UKSM terdahulu. Selain sharing, ada juga sebuah kejutan yang telah disiapkan oleh panitia, yang mana seseorang dari para Veteran tersebut yaitu Mas Dobby menunjukkan keahlian, dan kharismanya melalui sebuah gitar. Konser solo Mas Dobby bener-bener bikin kita makin ‘setubuh’ hehehe. :3

Begitulah singkat cerita dari kegiatan Open Recruitment UKSM Essensi, semoga UKSM Essensi lebih hidup dari sebelumnya, lebih kompak, dan tetap SETUBUH DALAM SENI!. SALAM BUDAYA ! ^^

Hari Bumi UKM Pring Kuning

    Dalam memperingati Hari Bumi kali ini , UKM Pring Kuning tidak hanya melakukan 1 kegiatan aja , tapi 3 kegiatan sekaligus yaitu Pembibitan , Biopori dan sebagai penutup adalah Penanaman pada tanggal 31 Mei 2015 , Pring Kuning yang selanjutnya disebut PK , mengadakan kegiatan Penanaman ini di sebuah tempat yang berlokasi di Kecamatan Arjasa . Kegiatan penanaman ini dihadiri oleh 32 anggota PK dengan menanam 60 bibit diantaranya bibit Trembesi , Asam , dan buah-buahan.

     
    Sebelum ke tempat penanaman , semua panitia berkumpul di Fakultas terlebih dahulu . Kemudian pada pukul 06.30 , kita berangkat bersama-sama menuju TKP (Tempat Kejadian Penanaman loh ya bukan TKP tempat bunuh2an itu) . Perjalanan dengan motor ditempuh kurang lebih 30 menit . Sayangnya , tempat TKP tidak bisa langsung dilalui dengan motor , karena itu motor harus dititipkan di rumah warga . Setelah itu kita berjalan menuju tempat TKP  sambil membawa alat-alat serta pupuk dan tentunya 60 bibit tersebut. Nah , walaupun jalan yang dilalui cukup terjal  dan berbatu, kita dapat melaluinya dengan aman kok , karena kita semua udah pake sandal safety / sepatu , selain itu kita cukup semangat karena sepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan yang Subhanallah sekali . Emejing

     Tempat Kejadian Penanaman (TKP)nya  sendiri ditempuh kurang lebih 50 menit dengan berjalan kaki, karena tempat penanaman kita berada di sekitar Sekolah Dasar tepatnya SDN Darsono 04 sampai disana kita disambut adik-adik kecil berseragam olahraga. Walaupun itu hari minggu , adek-adek tetep dateng ke sekolah , katanya mereka pengen bantu kakak-kakaknya ini buat penanaman . Salut :D
          
  Sampai disana , panitia ,yang sekaligus merangkap peserta, ini dibagi menjadi 4 kelompok . Tiap kelompoknya dikasih jatah buat menanam 15 bibit . Proses penanaman dimulai dengan cangkul-mencangkul , karena keterbatasan jumlah kaum adam , akhirnya kami para kaum hawa juga ikut nyangkul . Gak usah ditanya kaum hawa di PK setrong   semua kok . Setelah tingkat kedalaman tanah yang diminta sesuai *alah* , bibit ditanam , ditaburi pupuk , ditutup dengan tanah lagi dan disiram dengan air .Tak lupa disamping tanaman dikasih patok buat penyangga juga untuk penanda tanaman tersebut . Kegiatan penanaman ini lebih cepat 1 jam dari yang diperkirakan . Karena kita semua gak ada yang leyeh-leyeh dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini serta berkat beberapa warga yang ikut membantu .
   
    Selesai menanam , agenda selanjutnya adalah ishoma alias mengisi perut alias mamam (Re: makan) .Agenda ishoma / makan-makan ini gak cuma anggota PK loh , tapi juga ada kak Tsabit Barki , Bapak Menteri Eksternal kita yang udah nyempetin hadir dan bantu kegiatan penanaman ini, juga adek-adek SDN Darsono 04 .Nah , seperti biasa cara makannya juga cara PK dong dengan posisi duduk mendayung – bingung + pengen tahu seperti apa cara makan PK kan , yuk sering-sering ikut kegiatan PK atau bisa gabung di Diklatsar PK mendatang - Walaupun lauknya sederhana , tapi kebersamaan yang bikin rasanya kaya Bintang Lima.
       
    Setelah ishoma , ramah tamah selesai . Pukul 11.00 para panitia meninggalkan lokasi Penanaman . Nah , tentunya kegiatan penanaman ini tidak serta merta menanam bibit begitu saja . Tapi kita juga akan mengontrol perkembangan bibit tersebut hingga bisa hidup dan benar-benar mandiri .Oleh karena itu , mari anggap bumi adalah bagian dari kita , jangan sampai menunggu hingga pohon terakhir telah ditebang dan mata air berhenti mengalir baru kita sadar bahwa uang tidak dapat diminum dan dimakan
Salam Lestari !!!

Silaturahmi anggota BEM dengan anggota Dekanat FF UJ

Berkunjung ke rumah saudara ? Sudah biasa. Main-main ke rumah teman ? Sudah biasa. Bersilaturahmi dengan teman lama ? Juga sudah biasa. Nah kali ini ada yang tidak biasa dengan yang dilakukan oleh Presiden dan Menteri BEM FF UJ 2015. Mereka berkunjung untuk menjalin silaturahmi dengan anggota Dekanat Fakultas Farmasi Universitas Jember.
Pada hari sabtu pagi tanggal 14 Maret 2015, Presiden BEM beserta kelima Menterinya yaitu Menteri Kesekretariatan, Menteri Internal, Menteri Eksternal, Menteri Kaderisasi, dan Menteri Pendidikan, Profesi dan Keilmiahan melakukan kunjungan ke rumah Dekan dan Pembantu Dekan I Fakultas Farmasi Universitas Jember. Kunjungan ini merupakan kunjungan BEM FF pertama kali. Dan kunjungan di awal periode ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara kedua belah pihak sehingga kedepannya hubungan antar kedua belah pihak akan selalu baik.
Rumah pertama yang dikunjungi adalah rumah Dekan FF UJ, ibu Lestyo Wulandari. Pukul 08.00 WIB para Menteri dan Presiden BEM tiba di rumah ibu Dekan. Percakapan dimulai dengan pengenalan diri Menteri dan program kerjanya masing-masing. Kemudian ibu Wulan turut mengevaluasi dari beberapa kegiatan yang pernah dilakukan BEM FF UJ di periode sebelumnnya. Tak lupa ibu Dekan juga memberikan pendapat dan saran-sarannnya untuk kegiatan yang akan berlangsung.

Setelah kurang lebih satu setengah jam berbincang-bincang, Presiden dan BEM melanjutnkan kunjunngannya ke rumah Pembantu Dekan , ibu Evi Umayah Ulfa. Sama seperti sebelumnya, para menteri mengenalkan diri mereka dan menjabarkan beberapa program kerjanya. Ibu Evi kemudian bercerita tentang organisasi kemahasiswaan dan kegiatan kemahasiswaan serta pengalamannya dahulu ketika menjadi aktivis. Presiden dan Menteripun ikut bercerita tentang aktivis mahasiswa masa kini. Percakapan berlangsung selama satu jam. Sebelum mengakhiri kunjungannya, Presiden dan Menteri BEM berfoto bersama dengan ibu Evi.

Talkshow dan Tabligh Akbar Bersama UKKI Asy-Syifa'

Pada hari Sabtu tanggal 30 Mei 2015 UKKI Asy-syifa’ mengadakan acara talkshow dan tabligh akbar untuk memperingati Isra’ Mi’raj yang diadakan di Hall Istana Hotel Jember. Dalam satu hari tersebut ada 2 acara sekaligus yaitu talkshow dimulai pukul 08.00 – 11.00 dan tabligh akbar pada pukul 13.00 – 15.30. Acara tersebut diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa dan umum. Acara talkshow bertemakan “Hijrah Menjadi Entrepreneur Untuk Umat” , sedangkan acara tabligh akbar bertemakan “Meneladani Rasulullah Menuju Cinta-Nya Melalui Isra’ Mi’raj“. Acara tersebut dibuka oleh Presiden BEM Fakultas Farmasi Universitas Jember yaitu Bannan Muthi’atul Af-idah.
Acara ini telah mengundang pemateri yang sangat inspiratif. Pemateri pada acara talkshow adalah dr.Gamal Albinsaid, sedangkan pada acara tabligh akbar adalah Ust. Agus Rohmawan. Tidak hanya pematerinya saja yang sangat menginspirasi, tetapi ada pengisi acara lain yaitu hiburan dari grup nasyid acapela DNA Jember.
dr. Gamal Albinsaid merupakan CEO Indonesia Medika. Pada saat acara talkshow dimoderatori oleh Oki Septian Hermana, beliau juga telah banyak bergelut dalam bidang entrepreneurship. Sehingga tak heran jika mas Oki ini terpilih menjadi moderator dalam acara talkshow.
Terlebih dahulu akan diberi gambaran mengenai acara talkshow J

Bermula ketika sang moderator memperkenalkan diri di hadapan peserta, selanjutnya moderator memutarkan video yang berisi biografi dr.Gamal. setelah itu moderator mempersilahkan dr.Gamal memasuki ruangan Hall Istana Hotel Jember. Kedatangan pemateri disambut tepuk tangan yang sangat meriah dari para peserta. Sepertinya peserta sudah tidak sabar lagi untuk mendengarkan berbagai ilmu bermanfaat yang akan mereka dapatkan pada acara ini. Sang pemateri yaitu dr.Gamal menyampaikan materi tentang entrepreneurship terutama tentang gebrakan baru yang beliau lakuakan. Indonesia Medika bergerak di bidang kesehatan dan sosial. Dr.Gamal melakukan sebuah gebrakan hebat yang luar biasa di dunia kesehatan. Beliau membuat asuransi kesehatan yang preminya dibayar dengan menyetor sampah. Sampah ini dipisahkan menjadi 2 jenis, yaitu sampah organik dan anorganik. Dari kedua jenis sampah tersebut nantinya akan diolah menjadi pupuk untuk sampah organik, sedangkan sampah anorganik dijual ke pengumpul daur ulang. Uang penjualan hasil pengolahan sampah inilah yang kemudian dijadikan sebagai premi asuransi kesehatan di klinik milik dr.Gamal.

 Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kemudian pemberian sertifikat dan bingkisan kepada pemateri yang diberikan oleh Ketua Umum UKKI Asy-Syifa’ yaitu Nurul Fitriah.
Acara talkshow pun ditutup dengan hiburan dari grup nasyid Acapella DNA . Grup nasyid ini memberikan hiburan yang sangat menarik, terlihat dari antusias para peserta yang ikut bertepuk tanagan dan banyak pula yang mengabadikan momen tersebut dengan gadget mereka. Selain itu, grup nasyid ini dengan mudah dapat berinteraksi dengan peserta, mereka juga selalu mengeluarkan guyonan ringan yang tak jarang secara spontan para peserta terhibur olehnya. Dan  sesi terakhir para peserta dan panitia dapat berfoto bersama dengan pemateri dan moderator.
       Penampilan Hiburan dari Grup Nasyid Acapella 
         Foto bersama dengan pemateri dan moderator

Selanjutnya adalah acara tabligh akbar J
Setelah acara talkshow berakhir, selanjutnya adalah ishoma untuk peserta dan panitia. Dilanjutkan acara tabligh akbar pada pukul 13.00. Acara ini dibuka oleh penampilan dari DNA yang membawakan 3 lagu. Lagu pertama adalah sholawat nabi dalam berbagai bahasa. Pada acara yang kedua ini, lebih disetting acara lebih kental dengan suasana islami, maka tak heran pematerinya adalah Ust. Agus, beliau adalah salah satu pengurus pesantren IBKA yang ada di Jember. Ust. Agus menyampaikan materi tentang 7 hikmah dibalik Isra’ Mi’raj, diantara ketuju hikamah tersebut adalah : mencitai masjid, mencintai ukhuwah, mencintai solat, mencintai keimanan, mencintai hijrah, mencintai istiqomah, dan mencintai al-qur’an serta sunnah rosul. Setelah penyampaian materi, maka ditutuplah acara tabligh akbar. Acara berakhir pada pukul 15.30. 
Penampilan kedua dari DNA di acara tabligh akbar

Penyampaian materi tabligh akbar oleh Ust. Agus

Pemberian bingkisan kepada Ust.Agus

Begitulah serangkaian acara yang telah UKKI Asy-Syifa’ selenggarakan di Hall Istana Jember. Semoga dengan diselenggarakannya acara ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua J

Tapak JMKI 2015

           “Bertanya-tanya, (semua bertanya..)
Kami siapa, (kami siapa)”
 Siapa ya? Inilah salah satu yel-yel dari Fakultas Farmasi Universitas Jember yang bergema pada acara tapak JMKI 2 Mei kemarin. Tapak JMKI merupakan agenda tahunan JMKI yang diperuntukkan Maba dari fakultas kesehatan guna meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa dalam bidang kesehatan. Tapak JMKI juga  merupakan ajang unjuk gigi tiap fakultas yang tidak lain bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dari angkatan pada fakultas itu sendiri maupun menjalin persaudaraan antar fakultas satu dengan lainnya.
            Bertempat di lapangan FKG Unej, tapak JMKI sempat mengalami pengunduran jadwal dikarenakan upacara hari pendidikan nasional pagi harinya berlangsung seru dan meriah. Meski baru dimulai sekitar pukul satu siang, masing-masing fakultas dengan semangat berapi-berapi berlomba-lomba menonjolkan diri baik dari segi kostum yang dibuat seheboh dan semenarik mungkin dengan mengacu pada warna yang telah ditentukan, kekompakan dalam menyanyikan yel-yel, maupun ketangkasan dalam perlombaan yang diikuti para delegasi. Fakultas/prodi yang turut berpartisipasi dalam event ini antara lain FF-UJ, FK-UJ, FKG-UJ, FKM-UJ, PSIK-UJ, Stikes Muhammadiyah Jember, dan Polije.
            Datang sesuai alur yang ditentukan, para delegasi maupun supporter mengikuti rangkaian dengan tertib, meski ada satu fakultas yang terlambat. Tujuh fakultas/prodi tersebut bersaing ketat dalam perlombaan dari awal hingga akhir. Perlombaan tersebut tidak lain adalah lomba yang telah disosialisasikan melalui TM yakni; memasukkan serbuk ke dalam kapsul, membuat tampon, stikki note, memakai handscoon, estafet cotton palet, mencari kata dalam tepung. Secara garis besar, perlombaan tersebut memang merupakan cerminan dari berbagai bidang kesehatan. Meski persaingan semakin panas dan seru, ditambah sorakan dan evoria supporter yang menyemangati delegasi, rasa saling menghargai dan menghormati tetap terjaga. Bahkan, semakin lama rasa kebersamaan terasa semakin kental.

            Menjelang akhir acara, pengumuman pemenang diwarnai suasana tegang. Setelah melalui berbagai tahap penilaian sesuai kriteria juri, alhasil FKM-UJ muncul sebagai juara disusul FK, FKG, PSIK, kemudian FF-UJ. Hasil keputusan diterima dengan suka cita, semua kompak bernyanyi dan tertawa bersama. Menutup hari dengan indahnya kebersamaan dalam satu keluarga demi menyongsong masa depan yang cerah sebagai calon tenaga kesehatan Indonesia.


Diskusi Ilmiah UKM KARISMA

    Diskusi ilmiah yang dilaksanakan oleh UKM KARISMA diselenggarakan pada tanggal 20 Mei 2015 dan bertempat di Ruang Kuliah 1 Fakultas Farmasi Universitas Jember. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi anggota KARISMA agar bersikap lebih aktif dan kritis, serta mampu memberikan penyelesaian masalah yang ada di sekitar, sesuai dengan tema “Menjadi Mahasiswa Aktif, Kritis, dan Brilliant”. Kegiatan ini diperuntukkan bagi seluruh anggota UKM KARISMA.

   UKM KARISMA menghadirkan pemateri dari MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia), yaitu Fara Azizah. Fara Azizah merupakan salah satu pengurus lembaga MITI. Kegiatan diskusi ilmiah ini dibagi ke dalam 2 sesi yaitu pemaparan materi dan sesi tanya jawab. Dalam diskusi kali ini, ada 2 materi yang disampaikan yaitu technopreneurship dan pengenalan MITI. Diskusi ilmiah yang berlangsung selama 1,5 jam tersebut mendapat antusias dari para peserta, bahkan dari pihak pemateri pun juga mengundang UKM KARISMA untuk menjadi mitra MITI. Dengan begitu, kemampuan anggota UKM KARISMA dapat disalurkan dan dibimbing lebih lanjut oleh MITI. 




Pemaparan Materi Pertama : Technopreneurship 


Sesi Tanya Jawab


Foto Bersama Pemateri

World No Tobacco Day 2015


WORLD NO TOBACCO DAY !!
Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang diperingati pada tanggal 31 Mei setiap tahunnya, merupakan momentum bagi upaya penyadaran masyarakat akan bahayanya produk tembakau dalam bentuk rokok.
Rokok adalah campuran tembakau dengan kandungan zat yaitu nikotin dan TAR yang dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh maupun bagi lingkungan. Bahaya bagi tubuh yaitu bisa mengakibatkan kamker, paru-paru dan gangguan pada janin. Sedangkan bahaya bagi lingkungan dapat menimbulkan polusi udara yang ditimbulkan dari asap rokok yang dihisap.
Merokok merupakan salah satu faktor dari lima penyebab kematian di Indonesia. Merokok dapat membahayakan hampir semua organ tubuh dan akan menimbulkan berbagai penyakit yang tentunya dapat memengaruhi kesehatan perokok aktif atau perokok pasif.
Perokok pasif tidak kalah berbahayanya dibandingkan dengan perokok aktif karena mereka menghirup aliran samping yang berasal dari ujung rokok yang terbakar dan aliran utama asap rokok yang telah dihisap oleh perokok kemudian dihembuskan kambali ke udara. Kandungan asap rokok yang tersebar ke udara sangatlah berbahaya. Sungguh mengerikan !! Menghirup asap rokok orang lain (alias menjadi perokok pasif) lebih berbahaya tiga kali lipat dibandingkan mengisap rokok sendiri (perokok aktif). Mengapa ? Karena racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap.
Kamu harus tah apa saja kandungan dalam rokok ? dan mengapa rokok berbahaya ?
-          Rokok mengandung zat zat kimia berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit kanker
-          Karbon monoksida yang membuat darah mudah mengendap dan dinding pembuluh darah kaku dan rapuh
-          Nikotin dapat  merusak jaringan syaraf dan membuat ketagihan merokok
-          Timah hitam merupakan racun dala tubuh kita
-          Tar dapat memicu kanker paru-paru
Bagaimana Cara Rokok Merusak Tubuh?
·         Nikotin mencapai otak dalam 10 detik setelah rokok dihisap, lalu menyebar ke seluruh bagian tubuh melalui sirkulasi darah, termasuk pada Air Susu Ibu.
·         Karbon monoksida dari asap rokok mengikat hemoglobin dalam sel darah merah, menurunkan fungsinya dalam menyalurkan oksigen secara penuh.
·         Unsur-unsur penyebab kanker (karsinogen) pada tembakau merusak gen-gen penting yang mengendalikan pertumbuhan sel, sehingga sel-sel tumbuh tidak normal atau berkembang terlau cepat.
·         Unsur karsinogen yang bernama benzopiren mengikat sel-sel di saluran nafas dan organ penting lain dari perokok sehingga menyebabkan kanker.


Matikan rokok anda sekarang !! sebelum mematikan anda dan orang disekitar anda !!

POLYMER 2015



POLYMER 2015 ( Pharmaceutical Competition of Jember University) merupakan kompetisi Farmasi yang diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Jember.

Tujuan olimpiade ini adalah untuk turut berpartisipasi dalam hal meningkat kan intelektualitas bangsa khususnya bagi siswa-siswi SMA/SMK dan yang sederajat, serta memperkenalkan dunia kefarmasian dan mengembangkan hard skill dan soft skill siswa Sekolah Menengah Atas atau sederajat, khususnya di bidang kefarmasian.

Kini POLYMER hadir seJATIM-Bali dengan 5 Rayon yaitu : 
-JEMBER
-SURABAYA
-MALANG
-BALI
-KEDIRI

Bagi yang belum daftar, ayo segera daftarkan dirimu. Ajak teman-teman mu untuk gabung juga ya.. buruan sebelum pendaftaran ditutup. Dapatkan infor masi, pengalaman dan pengetahuan ter-update tentang dunia kefarmasian !

Jangan sampai ketinggalan !!!

Silakan daftar disini (klik)

Untuk TOR dapat di unduh disini (klik)



Untuk info lebih lanjut klik :

www.bemfarmasiuj.com
FB : Polymer 2015

Twitter : Polymer_2015
Email : Polymer_2015@yahoo.com